Logam Mulia: Mudah berinvestasi Jangka Panjang



Penting memikirkan masalah keuangan untuk masa depan, supaya tidak ada penyesalan di masa yang akan datang. Hal pertama yang terlintas, ingin investasi jangka panjang demi menjaga nilai uang yang disimpan. Jika disimpan dalam waktu lama nilai itu tidak menurun tapi justru meningkat. Setelah mencari info ke beberapa narasumber, dapet deh info kalo mau investasi jangka panjang untuk masa depan nanti, bagusnya sih investasi logam mulia. Lalu gue dan Umar memutuskan untuk menjaga nilai uang dengan berinvestasi logam mulia (LM), Langsung deh, gue coba cari beberapa cara yang mudah untuk membeli LM.

Awalnya disaranin datang langsung ke PT. ANTAM Pulo Gadung. Karena harga LM di sana jauh lebih murah dibandingkan ditoko emas. Dijamin asli dan bersertifikat. Namun setelah searching jadwal pelayanannya hanya Senin-Jumat. Berhubung kita sama2 wiraswasta, waktu free kita ya Sabtu dan Minggu aja. Ngambil cuti belum memungkinkan. Maka kita memutuskan pake cara lain selain beli langsung di PT. ANTAM.

Pertama kita coba ke Pegadaian, jadwal bukanya Senin-Jumat,  Jam 08:00-15:00. Sabtu, Jam 08:00-12:00. Kita datang kesana dihari Sabtu. Dan udah datang ke beberapa pegadaian dan di oper2 dari satu cabang ke cabang Pegadaian  yang lainnya. Udah gitu ternyata stock LM yang diinginkan tidak tersedia. Stock yang tersedia diatas 10gram. Dan di pegadaian antriannya panjang banget. Udah deh, cara pertama coret.

Lalu kita menggunakan cara kedua, ke kantor Pos Indonesia Besar didaerah MM2100. Setelah sampai disana, kita ke Customer Service dan ternyata LMnya ga ready stock. Kita harus pesan dulu, isi form pemesanan, menyertakan fotocopy KTP dan NPWP. Setelah nanti proses pemesanan selesai. LMnya bisa diambil di Pos Indonesia terdekat. Agak ribet batin gue. Pengennya ga jadi pesen tapi ga enak. Hehe. Tapi berhubung sistem disana belum ter-update dan harus di update dulu beberapa hari kedepan. Kita akhirnya ga jadi beli di Pos Indonesia, karena lumayan jauh dari rumah ke Pos Indonesia MM2100. Cara kedua juga coret.

Cara ketiga ini sebenernya yang gue inginkan dari awal. Kita pesen via online, transfer, dan barang dikirim. Sebenernya dari lama ANTAM bisa delivery tapi dulu aksesnya via email dan telpon ke kantornya. Dan gue pernah coba keduanya, tapi ga ada respon. Dan Alhamdulillah sekarang ANTAM memberikan kemudahan bisa pesen LM via WA. Untuk pesenannya bisa Telepon/SMS/WA: 0813 8300 7076 atau email ke delivery.lm@antam.com. Jadwal pelayanan dari hari Senin-Kamis, Jam 09:00-15:00, dan Jumat, Jam 09:00-16:00. Untuk Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional tidak melayani pesanan.

Awalnya agak ragu sih, tapi gue mikir lagi, masa perusahaan sekelas ANTAM mau tipu2 hhehe. Kemudian gue coba meyakinkan diri dan juga udah dapet persutujuan dari Umar untuk beli LM via delivery. Gue coba whatsapp tanggal 15 Agustus 2017 jam 11 siang, tapi ga ada respon. Dan baru dibales besoknya tanggal 16 Agustus 2017 jam ½ 9an pagi, Admin yang respon gue namanya mas Rizki Rianto selaku Marketing. Kata masnya gue kudu isi data dengan format:  

Nama Lengkap:
Alamat Lengkap Sesuai KTP:
Nomor KTP :
Nomor NPWP:
Nomor HP:
Jumlah gram yg ingin di pesan :
Alamat Pengiriman :
Email :

Alhamdulillah. Gue langsung bales kan. Prosesnya juga cepet, setelah itu gue diberikan reference yang dikirim via email, kaya gini wujudnya:



Setelah itu gue langsung transfer ke rekening virtual account tsb. Dan kirim bukti transfer via email ke delivery.lm@antam.com. Nanti setelah proses pembayaran selesai, kita dapet SMS dari pihak ANTAM. Kata masnya akan dirikim pake RPX dengan waktu 3-4 hari kerja. Delivery dilakukan Senin-Kamis ya. Jadi bagi kalian yang misalkan pesan dihari Kamis, barangnya akan dikirim di hari Senin. Oya, untuk ongkos kirimnya 1-30 g: 90ribu~, 31-100 g: 230ribu~, dan untuk 101-1000 g: 1juta~. Setelah menunggu, akhirnya LM yang dipesan sampai dengan selamat pada tanggal 22 Agustus 2017. Wah, mudah banget kan sekarang beli LM ga perlu repot2. Alhamdulillah sekarang berinvestasi menjadi mudah dan aman. Terpercaya insya ALLAH dan recommended untuk temen2 yang juga mau invest LM, tapi ga mau ribet. 

Sekian deh sharing pengalaman gue, mudah2an informasi yang gue sampaikan bermanfaat buat temen2 sekalian.
Wasalam….

Comments

  1. Terima kasih infonya.
    Sebenarnya apa fungsi utama dari logam mulia ya?
    apakah untuk investasi atau hanya sebagai cadangan/backup?

    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba ina, terima kasih atas komentarnya. Kalo menurut saya fungsi utama logam mulia yaitu investasi jangka waktu 5-10 tahun kedepan. Fungsi lainnyabisa juga untuk cadangan/backup, dengan cara LM kita gadaikan ke pegadaian. cuma, ada biaya admin dan titip emas yang digadaikan jika kita melakukan gadai Emas. Ini optional, untuk orang2 yang tidak mau menjual emasnya tapi lagi butuh dana segera.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts